Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

Rumah Klasik Adat Bangka Belitung – Dengan letak geografis Kabupaten Belitung berada pada 107°08′ BT sampai 107°58′ BT serta 02°30′ LS sampai 03°15′ LS dengan luas semuanya 229.369 ha atau kira-kira 2.293,69 km². Kabupaten Belitung adalah sisi dari lokasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang adalah wilayah kepulauan yang terbagi dalam 98 buah pulau besar serta kecil.

Keadaan topografi Pulau Belitung umumnya bergelombang serta berbukit-bukit sudah membentuk skema aliran sungai di daerah ini jadi skema sentrifugal, dimana sungai-sungai yang ada berhulu di daerah pegunungan serta mengalir ke daerah pantai. Dan daerah saluran sungai memiliki skema saluran sungainya berupa seperti pohon.

Rumah Klasik Adat Bangka Belitung

rumah klasik

Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung – Susunan bangunan rumah adat Bangka Belitung berupa rumah panggung dengan atap rumah berupa limas. Penduduk Bangka Belitung biasa mengatakan dengan Rumah Panggung Limas. Rumah adat panggung limas begitu kental sekali dengan budaya melayu sebagai keunikan dari rumah adat ini dan yang terkenal juga menggunakan konsep rumah klasik sebagai ciri budaya indonesia.

Elemen penyusun dari bangunan ini yang menguasai terbuat dari kayu yang melambangkan kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan. Arsitektur Rumah adat Bangka Belitung diketahui mempunyai tiga (3) tipe yakni Arsitektur Melayu Awal, Arsitektur Melayu Bubung Panjang serta Arsitektur Melayu Bubung Limas. Susunan bangunan Arsitektur Melayu Awal terbuat dari beberapa bahan yang didapatkan dari alam, yakni kayu, rotan, bambu, akar pohon, daun – daun, atau alang – alang serta elemen yang lain yang menjadi pendukung konsep rumah klasik.

Rumah adat ini, bangunan pondasi awal atau tiang terbuat dari yang mempunyai jumlah tiang sekitar 9 tiang. Dengan tiang utama terdapat di tengah – tengah bangunan. Untuk Arsitektur Melayu Bubung Panjang ada penambahan pada bagian bangunan, seperti atap yang diperpanjang serta yang lain. Sedang Arsitektur Melayu Bubung Limas sisi atap rumah berupa limas karena ada dampak budaya dari palembang. Biasanya rumah bubung limas dibuat oleh penduduk Tionghoa yang lebih memilih arsitektur rumah klasik.